MPLS atau masa pengenalan lingkungan sekolah atau sering disebut juga MOS masa orientasi siswa merupakan kegiatan pengenalan budaya dan program sekolah kepada siswa baru. MPLS ini memang dikhususkan bagi siswa baru, agar siswa baru bisa tahu tentang berbagai macam program peminatan, program ekstrakurikuler, tata tertib, budaya sekolah, target sekolah dan berbagai macam hal lainnya. Dengan MPLS ini juga siswa diberikan bekal tentang pentingnya berprestasi di sekolah, karena menjadi siswa berprestasi memiliki banyak keuntungan salah satunya adalah akan mendapatkan apresiasi dari sekolah.
MPLS di Hidayatul Ma'arifiyah disebut juga dengan PPYHM. Disini siswa diberikan edukasi tentang Hidayatul Ma'arifiyah dan program program Hidayatul Ma'arifiyah bagi siswa. Setiap tingkatan berbeda materi, setiap divisi diisi oleh kepala sekolah masing masing,
1. Zepri.S.Pd.i Kepala Kepondokan
2. Sispon Faisal, M.Pd.i kepala sekolah MTS
3. Syarif Kurnia, S.Pd.i kepala sekolah MA
4. Desi Nofrianti, S.E Kepala sekolah SMK
Selain itu ada 6 manfaat lain dari MPLS diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Membantu siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya
Di lingkungan baru biasanya berbeda dengan lingkungan asal. Apalagi jika anda merupakan siswa yang bersekolah sambil berasrama atau pesantren. Anda akan merasakan berbagai macam perbedaan dari budaya dan lingkungan. anda merantau dan menjadi seorang santri di lingkungan yang lebih dingin, tentu saja anda harus bisa menyesuaikan diri. Karena memang begitulah adanya, dengan MPLS ini selain anda akan dikenalkan dengan program dan budaya sekolah. Secara fisik pun anda akan dikenalkan dengan lingkungan yang baru. Maka dari itu pentingnya kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Jika memang anda merasa kesulitan, setiap siswa dan santri pada masa pengenalan lingkungan memiliki seorang mentor atau wali. Dimana wali ini yang akan membimbing dan bertanggung jawab atas anda selaku siswa atau santri di sekolah tersebut.
2.Menumbuhkan perilaku positif
MPLS atau masa pengenalan lingkungan sekolah juga mampu menumbuhkan perilaku positif dari siswa baru. Seperti menumbuhkan pentingnya nilai nilai kejujuran, kemandirian, larangan menyontek saat ujian, kedisiplinan, bagi santri juga akan ditumbuhkan rasa tanggung jawab dan hidup bersih serta mewujudkan siswa yang memiliki integritas yang tinggi, saling menghargai pendapat orang lain dan yang pasti bersikap toleransi kepada sesama siswa baru.
3.Mengenali potensi diri siswa baru
Potensi siswa dapat terlihat dari kompetisi. Untuk MPLS juga beberapa sekolah menyertakan beberapa kompetisi ringan yang bisa diselesaikan oleh siswa yang mampu menyelesaikannya. Di Hidayatul Ma'rifiyah sendiri MPLS atau KPAM selalu dibarengi dengan sesi tanya jawab, dimana tanya jawab ini berisi hadiah yang diberikan langsung oleh Ketua Yayasan sebagai hadiah kepada siswa baru yang mampu menjawab pertanyaan yang Ketua Yayasan berikan.
Ini penting dilaksanakan di sekolah lainnya juga, sebagai perkenalan bahwa setiap siswa yang berani menjawab dan berani salah dan tidak takut akan kesalahan akan diberikan reward baik itu berupa uang jajan atau berupa hadiah lainnya. Selain dapat membuat siswa menjadi senang, cara seperti ini juga merupakan contoh paling mudah bahwa setiap anak yang mampu melampaui batas dirinya akan diapresiasi oleh sekolah.
4.Meningkatkan motivasi siswa didik
MPLS juga memiliki tujuan lainnya yaitu adalah meningkatkan motivasi siswa didik agar mampu bersaing dengan siswa lainnya. Persaingan di sekolah itu sangat penting dan sangat dibutuhkan agar terciptanya motivasi dalam setiap diri siswa agar setiap siswa ingin menunjukan sisi terbaik mereka.
Karena persaingan ini juga, siswa akan mengerahkan seluruh kemampuan diri mereka hingga bisa menjadi sebuah prestasi. Hidayatul Ma'arifiyah memiliki program yang dapat mewadahi ambisi dan motivasi siswa itu, maka dari itu Hidayatul Ma'arifiyah bertanggung jawab penuh untuk mengembangkan minat dan bakat siswa itu untuk jadi sebuah prestasi. Maka dari itu, jika putra putri anda menjadi 1 dari 50 siswa yang berprestasi di Hidayatul Ma'arifiyah, anda harus sangat bangga. Karena karakter siswa Hidayatul Ma'arifiyah kebanyakan tidak pernah puas dengan 1 prestasi. Kebanyakan mereka yang pernah meraih prestasi, akan meraih lagi baik itu di bulan yang sama bahkan di minggu yang sama.
5.Mengembangkan interaksi positif antara siswa baru
MPLS merupakan masa yang tepat untuk mengembangkan interaksi positif antar siswa baru. Karena pada masa ini, siswa akan saling mengenal satu sama lain, meskipun mereka tidak pernah satu sekolah sebelumnya.
6.Mengenalkan siswa baru dengan organisasi siswa dan guru
MPLS juga ajang pengenalan siswa baru dengan organisasi siswa dan guru. Karena 50% kegiatan MPLS melibatkan ROTHIS, namun tetap dibawah mentoring dan monitoring guru dan wali kelas agar tidak ada Terjadi sesuatu dari ROTHIS terhadap siswa baru. MPLS juga memiliki manfaat yaitu pengenalan guru dan wali kelas kepada masing masing siswa.
0 Comments